Paket Wisata Karimun Jawa Hotel + Kapal Harga Terbaik 2020

karimun jawa
karimun jawa

Berlokasi di utara Pulau Jawa, Karimun Jawa merupakan sebuah gugusan pulau yang tersohor di mata para pelancong. Bahkan, reputasi kepulauan ini pun terdengar hingga ke telinga para turis mancanegara, lho! Saking indahnya Karimunjawa, tak heran jika kepulauan yang termasuk ke dalam Provinsi Jawa Tengah ini mendapatkan julukan The Paradise of Java, alias Surganya Jawa.

Di sini, Anda bisa temukan berbagai harta karun berupa keindahan alam yang masih alami dan terawat dengan apik oleh para masyarakat lokal. Pesona wisata Karimun Jawa meliputi pantai dan lautnya, wisata bawah laut, budaya dan masyarakat, serta hutan mangrove yang terjaga dengan sangat apik.

Di samping itu, sebagai sebuah wilayah yang merupakan sebuah kepulauan, Karimun Jawa tak hanya memiliki satu atau dua pulau saja yang layak untuk Anda kunjungi. Sebab, ada belasan pulau dengan pesona magisnya masing-masing yang unik, yang siap untuk menghipnotis Anda dan mengajak Anda untuk menikmati pengalaman berwisata khas yang tak akan pernah bisa Anda temukan di tempat lain di seluruh dunia.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk berlibur ke Karimunjawa dan bahkan malah sudah merencanakannya, berikut ini adalah panduan liburan di Karimunjawa yang wajib Anda ketahui terlebih dahulu. Dalam panduan ini, Anda bisa temukan cara untuk menuju ke Karimunjawa, lokasi wisata top yang wajib Anda kunjungi, serta aktivitas yang dapat Anda lakukan selama menghabiskan waktu ke destinasi wisata populer di Pantura ini. Daripada buang-buang waktu lagi, yuk simak ulasannya di bawah ini dan selamat membaca!

Bagaimana Cara Menuju ke Karimunjawa?

Untuk bisa pergi ke Karimunjawa, Anda bisa pilih antara menaiki kapal ke Karimunjawa dari Jepara atau Semarang, atau dengan pesawat. Apabila Anda memilih naik kapal, durasi perjalanannya tentu akan memakan waktu lebih panjang, tapi biayanya jelas lebih hemat dibandingkan dengan naik pesawat.

Jika Anda memilih untuk naik kapal dari Semarang, Anda bisa pilih menaiki kapal motor yang memakan waktu sekitar empat jam. Sedangkan jika Anda memilih untuk berangkat dari Jepara, ada kapal ekspres dengan waktu tempuh lebih singkat, yaitu hanya dua jam. Di samping itu, ada juga kapal yang berangkat dari Jepara, namun dengan waktu tempuh selama lima jam.

Apabila Anda memilih untuk naik pesawat, Anda bisa mendarat langsung di Karimunjawa. Hanya saja, tentu Anda perlu pastikan dulu bahwa rute pesawat dari tempat Anda berangkat memang melayani penerbangan langsung ke Karimun Jawa, ya!

Bingung mengatur opsi transportasi ke Karimunjawa? Tak perlu bingung karena Anda bisa cukup pilih paket wisata Karimunjawa saja. Di dalam paket wisata, biasanya sudah ada opsi keberangkatan ke Karimunjawa naik kapal dari Semarang atau Jepara. Dengan begitu, Anda hanya perlu memikirkan opsi transportasi dari tempat asal Anda ke Semarang atau Jepara. Praktis, kan?

Kapan Waktu Terbaik untuk Berlibur ke Karimunjawa?

Momen paling pas untuk berkunjung ke Karimun Jawa adalah pada periode antara bulan Agustus sampai Oktober. Pasalnya, pada bulan-bulan tersebut, cuacanya cukup bersahabat sehingga Anda pun bisa melakukan kegiatan apapun yang Anda inginkan dengan bebas, mulai dari bersantai di pantai, berlayar menaiki perahu, snorkeling, berenang, maupun trekking.

Apa Saja Aktivitas Seru di Karimunjawa?

Setibanya Anda di Karimunjawa nanti, apa saja ya aktivitas yang bisa Anda lakukan selama menghabiskan waktu berlibur di sana? Simak dulu panduannya berikut ini supaya Anda bisa membuat jadwal liburan yang lebih tertata, yuk! Dengan begitu, Anda jelas tidak perlu takut harus melewatkan aktivitas seru apapun di sana, kan? Simak daftarnya berikut ini!

1. Island hopping

Tahukah Anda berapa jumlah pulau di Karimunjawa? Eh, tak perlu repot-repot cari tahu jawabannya lewat Google, karena di sinilah jawabannya: 27 pulau! Wah, ada banyak, ya? Dan yang lebih “merepotkan” lagi, liburan di Karimun Jawa jelas tidak lengkap kalau Anda hanya mengunjungi satu atau dua pulau saja. Sebab, setiap pulau yang membentuk gugusan kepulauan Karimunjawa ini memiliki keunikan dan keindahan yang khas, sehingga pastinya sayang jika Anda melewatkan satu pulau saja, kan?

Karena itu, island hopping alias berpindah-pindah pulau jelas merupakan salah satu aktivitas seru yang wajib Anda lakukan selama berada di Karimun Jawa. Anda bisa sewa perahu dengan kapasitas hingga maksimal sekitar 15 orang untuk mengunjungi semua pulau sesuka hati. Soal biaya, Anda tak perlu khawatir karena Anda juga bisa berbagi biaya sewanya dengan turis yang lain atau beda rombongan, kok! Plus, dalam harga sewa perahu, Anda bisa mendapatkan fasilitas alat snorkeling hingga BBQ-an seru di salah satu pulau yang Anda kunjungi nantinya secara gratis. Wah, menarik sekali, ya!

2. Mengeksplorasi wisata bawah laut

Apakah menikmati panorama Karimun Jawa yang membentang di atas permukaan tanah saja sudah cukup? Tentu saja tidak! Sebab, pesona lainnya dari Karimunjawa yang jelas tidak boleh Anda lewatkan terletak di bawah permukaan air lautnya. Dan pastinya, keindahan surganya Jawa yang ada di bawah laut ini dijamin bisa membuat Anda terpukau kagum.

Apalagi, kekayaan biota laut Karimunjawa adalah salah satu yang terbaik di Tanah Air. Hal ini dikarenakan kondisi alam bawah laut di Karimun Jawa yang begitu terawat dan bebas dari pencemaran maupun kerusakan. Dengan begitu, Anda bisa temukan beragam organisme di bawah laut yang hidup dengan tenang dan bahagia di sini.

Artinya, snorkeling jelas merupakan aktivitas yang tidak boleh Anda lewatkan selama berwisata di Karimunjawa. Tapi, kalau Anda tidak bisa berenang, bukan berarti Anda lantas hanya bisa berdiam diri di atas perahu dan menatap air laut saja. Soalnya, Anda bisa sewa pelampung plus sepatu katak dan googles alias kacamata snorkeling, kok! Hmm, makin tak sabar ingin segera sampai ke sana, kan?

3. Berpetualang di kapal karam

Pernah membayangkan serunya jika Anda bisa mengunjungi bangkai kapal karam seperti yang ada di film? Tak perlu hanya membayangkannya saja, karena Anda bisa mewujudkan impian petualangan Anda di Karimunjawa, lho! Soalnya, ada bangkai kapal karam yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Karimun Jawa, tepatnya di area Pulau Kemojan.

Meski demikian, aktivitas ini hanya bisa dilakukan oleh Anda yang sudah terlatih dan berpengalaman menyelam (diving) maupun extreme snorkeling, ya! Soalnya, lokasi di mana bangkai kapal karam ini berada bukan berada pada titik yang dangkal. Karena itu, pastikan bahwa Anda memang benar-benar sudah terlatih dan berpengalaman sebelum Anda menyelam, ya!

Oh iya, kapal karam yang ada di Pulau Kemojan ini dulunya adalah kapal pengangkut batu bara yang beroperasi pada masa penjajahan pemerintah Hindia Belanda. Karena itu, kombinasi antara keunikan, sejarah, hingga kehidupan bawah laut yang menyelimuti kapal karam ini dijamin bisa memberikan pesona yang tak terlupakan bagi Anda.

4. Bermain-main di Gosong

Gosong adalah nama yang digunakan untuk menyebut pantai pasir berukuran mini yang tersebar di penjuru Karimunjawa. Karena ukurannya yang kecil, tentu saja pantai ini sepenuhnya dikelilingi oleh laut. Dan di Karimun Jawa, Anda bisa temukan begitu banyak Gosong, dan beberapa memiliki namanya sendiri. Contohnya Gosong Karang Besi, Gosong Cemara, Gosong Batu Putih, Gosong Selikur, dan Gosong Seloka.

Ada sensasi unik yang bisa Anda nikmati ketika menginjakkan kaki di Gosong. Sebab, Anda bisa merasakan seolah-olah berada di tengah laut lepas sendirian saja. Dan pastinya, Gosong bisa jadi spot foto-foto yang pas dengan panorama air laut jernih yang membentang tanpa batas sebagai latar belakang Anda, kan?

5. Berenang bersama ikan hiu

Selama ini, Anda barangkali masih berpendapat bahwa berenang bersama hiu adalah hal yang mustahil karena predator laut tersebut pasti akan menyerang Anda seperti yang digambarkan di film, kan? Ternyata, hal tersebut salah besar, lho! Malah, sebenarnya Anda bisa kok berenang bersama ikan hiu tanpa takut resiko apapun dan keamanan Anda pasti dijamin.

Apabila Anda penasaran ingin merasakan sendiri pengalaman berenang bersama hiu, Anda bisa melakukannya di Karimunjawa, tepatnya di Pulau Menjangan Besar. Salah satu tempat wisata Karimun Jawa ini sebenarnya merupakan sebuah area penangkaran hiu, tepatnya hiu jenis blacktip reef shark yang umum ditemukan di kawasan perairan dangkal. Nah, salah satu karakteristik dari jenis hiu yang satu ini adalah sifatnya yang jinak, bahkan bersahabat, lho!

Soal keamanan, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, Anda bisa berenang bersama hiu di sini dengan pengawasan staf penangkaran yang terlatih untuk keamanan Anda. Jadi, pastikan Anda selalu mengikuti peraturan dan arahan dari pihak pemandu maupun pengelola penangkaran untuk mencegah risiko yang bisa membahayakan keselamatan Anda. Contohnya, jika Anda memiliki luka atau ada bagian tubuh yang berdarah, jangan memaksa melawan aturan dan nekat masuk ke dalam kolam hiu. Wanita yang sedang haid pun tidak diizinkan masuk ke dalam kolam. Di samping itu, jaga ketenangan Anda agar tidak mengusik para hiu di sekitar Anda.

Oh iya, di Pulau Menjangan Besar, Anda pun bisa mengunjungi lokasi budidaya penyu hijau dan penyu sisik, lho! Kawasan budidaya ini berada di bawah pengawasan Balai Taman Nasional Karimunjawa. Di samping itu, lokasi ini pun merupakan habitat alami beberapa hewan langka, misalnya elang laut dada putih. 

6. Menyapa lumba-lumba

Tak perlu harus pergi ke Pantai Lovina di Bali untuk bisa menyapa lumba-lumba di perairan laut lepas, di mana habitat alami mereka berasal. Soalnya, Anda pun bisa bertemu dengan mamalia laut cerdas ini saat Anda berlibur ke Karimun Jawa, tepatnya saat Anda mampir ke Pulau Cemara Kecil atau Pulau Menjangan Kecil.

Hanya saja, kawanan lumba-lumba di sini tidak terlalu sering menampakkan diri. Apabila Anda beruntung, Anda bisa bertemu dengan mamalia laut tersebut. Dan jika Anda sedang super beruntung, kawanan lumba-lumba yang tinggal di sini bahkan bisa mengiringi perahu yang sedang Anda naiki, lho!

7. Menikmati sunrise, sunset, dan bintang-bintang di langit

Beruntunglah Anda bahwa Karimun Jawa berbanding 180 derajat dengan Jawa yang sudah dikuasai oleh kehidupan modern, di mana polusi udara dan cahaya menyebabkan keindahan bintang-bintang di langit tak lagi bisa dinikmati dengan bebas. Sebab, kawasan Karimunjawa yang jauh dari hiruk-pikuk kehidupan modern ini masih terjaga lingkungannya, sehingga bebas dari polusi udara maupun cahaya.

Karena itu, Anda bisa temukan begitu banyak spot terbaik untuk menikmati matahari terbit, matahari tenggelam, maupun kelap-kelip bintang di angkasa yang seolah tanpa batas. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menikmati sensasi romantisme memandangi bintang sambil rebahan di atas pasir putih dan diiringi oleh musik alam lewat deburan suara ombak di laut yang menghipnotis. Syahdu!

8. Trekking dan mengeksplorasi hutan mangrove

Pesona wisata Karimun Jawa lainnya yang unik adalah keindahan hutan mangrove alias bakau alaminya yang terjaga dan terawat dengan sangat apik. Dan seperti yang ditunjukkan oleh namanya, kawasan mangrove di Karimunjawa benar-benar sangat rimbun dan asri selayaknya hutan, di mana ada beragam flora dan fauna lainnya yang menjadikan kawasan ini sebagai habitat alaminya.

Trekking di kawasan hutan mangrove Karimun Jawa ini sama sekali tidak berat, terutama karena sudah ada jembatan kayu yang membentang, yang disiapkan bagi Anda dan turis-turis lainnya untuk menikmati pesona alam yang satu ini. Anda juga bisa mengunjungi gardu pandang di kawasan hutan mangrove Karimunjawa untuk menikmati pemandangan alam yang membentang luas, maupun untuk menyaksikan sunset di kala petang.

9. Foto-foto sepuasnya

Berkat keindahan alam Karimun Jawa yang terawat dengan sangat baik sehingga sulit untuk ditandingi, tentu tak mengherankan kalau destinasi wisata populer yang satu ini pasti memiliki spot foto yang memukau. Malah, bisa dikatakan kalau setiap jengkal Karimunjawa adalah spot foto terbaik yang siap untuk Anda abadikan. Jadi, jangan kaget kalau semua foto yang Anda jepret selama liburan di sini pasti keren-keren, sampai Anda bingung ingin memamerkan foto yang mana untuk di-upload di Instagram.

Tapi, di antara semua spot foto tersebut, ada satu tempat yang sudah lama dikenal sebagai spot narsis yang paling hakiki. Namanya adalah Bukit Love, yang tak hanya menawarkan pesona alamnya saja, tapi juga memiliki berbagai spot selfie khusus untuk mengukur kadar kenarsisan Anda. Pokoknya, siap-siap saja menunggu sampai memori smartphone atau kamera Anda nyaris penuh, bahkan meskipun Anda baru satu hari menginjakkan kaki di Karimun Jawa, ya!

10. Puas-puaskan diri bersantai sesuka hati

Bagi Anda yang ingin melarikan diri dari kerasnya kehidupan di kota dan ingin menyegarkan kembali hati maupun pikiran dari segala bentuk kepenatan hidup, Karimun Jawa jelas merupakan destinasi terbaik yang sangat layak untuk Anda kunjungi. Pantai pasir putihnya yang membentang tak berujung dari satu pulau ke pulau lain, kemilau air laut yang diterpa oleh sinar matahari, keramahan penduduk lokal, rimbunnya hutan mangrove, hingga pesona alam bawah lautnya yang terawat dengan apik merupakan kombinasi yang siap untuk memanjakan Anda selama menghabiskan waktu di sini.

Di pulau mana pun yang Anda pilih, Karimunjawa siap menjadi tempat bagi Anda untuk menyegarkan pikiran yang jenuh, hati yang sendu, hingga tubuh yang lesu. Anda bebas untuk melakukan aktivitas apapun yang Anda inginkan, bahkan jika Anda sekadar ingin bermalas-malasan di pantai sambil memandangi laut atau bermain pasir saja. Yang penting, Anda mengikuti anjuran dan aturan dari warga maupun pemerintah setempat, dan tidak membuang sampah sembarangan, oke?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *